Tuesday, November 13, 2012

Seiko SRP043K (Seiko Spork - Seiko Tuxedo - Seiko Sinn)


Seiko SRP043K

















Prakata:

Diberi julukan Seiko Spork sebagai plesetan dari SRP043K. Ada juga yang menjulukinya Seiko Tuxedo, mungkin karena warga putih dan hitamnya. Ada juga yang menyebutnya Seiko Sinn (jarang sih) karena desainnya seperti "mencontek" desain arloji merk Sinn.

Salah satu "must-have item" untuk kolektor Seiko diver. Dari segi material sebenarnya "biasa" saja tapi desain dial yang menarik dan kelangkaannya menjadikan ada pride tersendiri apabila berhasil mengakuisisi arloji ini.

Meski merupakan arloji diver, desain dial dan hands serta penggunaan arabic index di marker 3, 6, 9 dan 12 membuat arloji ini malah terkesan sebagai sebuah  "pilot watch".

Desain dialnya yang rapih dan "bersih" (tidak banyak elemen desain yang tidak perlu dan menggangu) serta penggunaan warna dua nada pada dial dan bezel yang sederhana namun kontras (putih dan hitam) membuat arloji ini sebagai arloji dengan legibility terbaik.

Senang sekali melihat lume arloji ini yang memendar dari hands dan seluruh marker termasuk big index marker 3, 6, 9 dan 12.

Good luck mencari arloji ini. Kemunculannya dalam setahun di FJB atau blog2 lokal bisa dihitung dengan jari satu tangan. Terakhir muncul di FJB kaskus pada kwartal pertama 2013 sudah di angka IDR4.2 juta dan terjual dalam beberapa hari saja.

Movement:

Automatic. Caliber Caliber 4R15.

Ukuran:

Sekitar 44 mm.

Berat:

Sekitar 200 gram.

Warna:

Case: Silver agak bronze dengan brushed finish.

Dial: Hitam dengan index marker berwarna putih. Tanggal dengan warna huruf putih dengan dasar warga hitam.

Hands: Putih dengan lume pada semua hands.

Strap: Silver agak bronze dengan brushed finish.

Water Resistance:

200m.

Fitur:

Date.

Kesimpulan:

Jam diver yang "pilot" dengan desain yang sangat legible. Sudah langka jadi mahal.

Masuk koleksi:

2012.

Tahun keluar koleksi:

2012.

Status dalam Koleksi:

Dalam koleksi.

Harga:

N/A.

Seiko Spork



Seiko Spork

Seiko Spork

No comments:

Post a Comment