Sunday, October 14, 2012

Seiko SNM033 (Seiko Black Samurai)



Prakata:

Setelah mendapatkan kegemaran baru sejak mengakuisisi Tissot PRC200 matic, tiada hari yang saya lewatkan tanpa mencari informasi tentang arloji. Saat itu saya sedang tergila-gila dengan diver watches Seiko, khususnya model-model yang banyak dicari penggemar Seiko. Salah satu model Seiko diver yang saya pahami adalah "must have" bagi penggemar Seiko diver adalah Seiko Samurai.

Pada saat saya mulai mencari populasi Seiko Samurai ini sudah sangat langka. Saya mencoba mengkontak seorang kaskuser yang dari Surabaya saya ketahui dari salah satu posting-nya memiliki jam ini namun karena tidak niat dijual orang ini agak "ogah-ogahan" menjualnya. Saya membuka penawaran di 4.5 juta dan sampai beberapa minggu orang ini tidak pernah memberikan counter offer yang jelas. Mungkin dia berharap saya terus menaikkan penawaran saya lagi. Bahkan ketika penawaran saya sudah tembus dari 5 juta pun orang ini masih belum memberikan jawaban yang jelas.

Beruntung bagi saya, ternyata ada seorang kolektor dari Jakarta yang melihat iklan pencarian Seiko Samurai di kaskus dan menawarkan koleksinya untuk saya borong. Tidak tanggung-tanggung ia menawarkan Seiko Samurai Stainless Steel Black Dial (SNM033), Seiko Samurai Stainless Steel White Dial (SNM031) dan Seiko Samurai Titanium Black Dial (SBDA001). Beruntung sekali saya, karena tidak saja harga yang ditawarkan utk SNM033 dan SNM031 "hanya" 4jta/unit, lebih murah dari harga pembukaan yang saya tawarkan ke orang di Surabaya.

Saya kemudian mengakuisisi sepasang Seiko Samurai. SNM033 untuk saya pakai dan SNM031 untuk istri saya. Saya tidak mengambil SBDA001 karena harganya relatif tinggi dan tidak semulus versi stainless steel-nya.

Movement:

Automatic. Caliber 7s35.

Ukuran:

Sekitar 42 mm.

Warna:

Case: Silver.

Dial: Black dengan waffle pattern. Tanggal dengan warna huruf putih dengan dasar warga hitam.

Hands: silver dengan lume pada hands jam dan menit. Lume juga terdapat pada ujung jarum detik yang berbentuk segi tiga dengan pinggiran berwarna merah.

Strap: Silver.

Water Resistance:

200m.

Fitur:

Date.

Kesimpulan:

Jam yang bagus sebagai dengan desain yang simple dan simetris. Pattern di bezelnya entah mengapa mengingatkan saya pada bunga sakura. Pokoknya kalau lihat ini teringat Jepang dan mungkin bisa memahami kenapa dinamai Samurai. Namun terus terang setelah pemakaian beberapa minggu saja bentuk desainnya agak plain dan membosankan. Mengganti strap-nya membantu memperbaharui interest saya pada black sammy ini tapi tidak lama.

Mungkin karena saat itu saya sedang getol-getolnya membeli jam, desainnya back sammy yang sederhana ini terlalu bersahaja dan tenggelam dengan desain jam-jam yang lain.

Masuk koleksi:

2012.

Tahun keluar koleksi:

2012.

Status dalam Koleksi:

Terjual.

Harga:

N/A. Terjual.









No comments:

Post a Comment