Tuesday, January 1, 2013

For Sale: Seiko SBDX001 (Seiko Marine Master 300 - MM300)

Seiko MM300



Prakata:

Seiko SBDX001 kadang lebih dikenal dengan MM300 bagi saya adalah ultimate diver watch dari Seiko.

Ingat ketika saya dulu tidak terkesan ketika arloji ini dijejerkan dengan Seiko Black Sumo (lihat postingan saya tentang Seiko Black Sumo) di etalase toko beberapa waktu lalu? Ternyata "first impression" saya salah total.

Begitu saya berkesempatan memegangnya langsung dan melihatnya dari berbagai sudut (tidak cuma dari atas waktu melihat di etalase toko) saya langsung mengerti dan memahami kenapa harganya bisa 3 kali lipat Seiko Black Sumo. Dan menurut harga tersebut sangatlah wajar dan mungkin bisa dibilang paling sepadan dibanding beberapa jam lain di price range yang sama dari brand lain.

Chapter ring yang sebelumnya menurut saya menjadi biang kerok dari dial terlihat kecil ternyata menjadi salah satu komponen desain di dial paling favorit. Karena chapter ring yang menurun seperti undakan itulah dial MM300 menjadi memiliki efek 3D yang dalam.

Bila dilihat betul-betul lume di index markernya samar-samar seperti seperti tidak rata, tapi tidak ratanya rapih! Nah lho kok bisa?  Sepertinya memang bukan factory defect tapi memang aplikasi lumenya dibuat begitu. Kesan yang saya dapat malah lume-nya seperti cat minyak yang ditorehkan di atas kanvas dengan kuas. Terang lumenya?! Brrr...jangan tanya, edun! Kita gerakkan saja MM300 ke tempat berbayang sedikit itu lumenya udah terlihat mulai berpendar. Apalagi di tempat gelap.

Casing monokok tebal dan sedikit top heavy. Sisi bawah casing (iya yang bener ngejanya casing ya, bukan "chasing" emang ngejer maling chasing) sampai ke lug melengkung indah, rapih dan kata orang jawa "NJE-JREG". Saya rasa kalau kita dalam keadaan bahaya mungkin MM300 ini bisa juga digunakan sebagai alat membela diri.

Braceletnya halus dan adem terkena tangan. Meski berat, memakai MM300 ini di pergelangan tangan seharian akan tetap nyaman. Kalau mau lebih enteng bisa swap dengan leather atau rubber strap.

Screw dan unscrew crown cukup dengan putaran lembut dan akan mengunci dengan firm. Memilin crown terasa "butterly soft". Seneng rasanya berlama-lama memilin crown MM300 (asal jangan kebanyakan aja, meski yang saya baca ada mekanisme anti jebol, lebih baik batasi 20 putaran sajalah).

Di claps ada adjustment mechanism yang cukup oke. Jadi kalau tangan kita memuai (kalau saya biasanya di pagi hari) kita tinggal slide mechanism di bracelet ini agar pas dengan lingkar pergelangan tangan kita tidak perlu adjust bracelet.

Movement:

Automatic. Seiko caliber 8L35.

Ukuran:

Sekitar 44 mm.

Warna:

Case: Silver.

Dial: Hitam agak kehijauan Tanggal dengan warna huruf hitam dengan dasar warna abu2 gelap.

Hands: Brushed finished steel dengan lume pada hands jam, menit dan ujung hand detik.

Strap: Silver.

Water Resistance:

300m.

Fitur:

Date.

Kesimpulan:

All and all, jam ini OK punya. Definitely a keeper, sayang lagi mau melipet Seiko2 saya untuk Grand Seiko.

Masuk koleksi:

2012.

Tahun keluar koleksi:

N/A

Status dalam Koleksi:

Terjual.

Harga:

N/A.































No comments:

Post a Comment