Monday, December 10, 2012

Seiko SBDC001 (Seiko Black Sumo)

Seiko Black Summo

Prakata:

Meski sudah mulai menjajaki brand Swiss, Seiko tetap menjadi incaran saya untuk saya koleksi. Selain relatif "affordable" ada semacam hype untuk mengkoleksi Seiko diver, terutama model2 yang "tidak terlalu umum". Salah satu model yang cukup diminati para kolektor (pemula) adalah Seiko diver SBDC series dari Prospex Line yang dijuluki "Seiko Sumo". Seiko Sumo merupakan model Japan Domestic Market. Seharusnya sih setau saya hanya untuk pasar Jepang saja tapi ternyata toh banyak model ini berkeliaran di Jakarta.

Pertama kali melihat Seiko Sumo dial hitam di etalase sebuah toko jam di ITC Kuningan Jakarta. Bersebelahan dengan Seiko SBDX001 (MM300). Entah mengapa di display etalase itu Seiko Sumo dial hitam ini tampak lebih bagus daripada  MM300. Sumo terlihat lebih legible dan less cluttered dibanding MM300 yang dialnya terlihat kecil karena desain inner bezel dan index markernya yang rapat. Cramped. Seiko Sumo terlihat jauh begitu lebih bernilai dengan harga yang hanya 1/3 dari MM300.

Kalau boleh dibilang sebagai "hommage" dari Rolex Submariner IMHO Seiko Sumo ini adalah "hommage" salah satu yang terbaik.

Desain case, lug dan braceletnya membuatnya sangat nyaman dipakai. Bagisan caseback di belakang yang ke arah lug dibuat melengkung sehingga seakan2 menggengam pergelangan tangan.

Nggak seperti Seiko Spork yang brushed dan terkesan "toolwatch" banget, Seiko Sumo termasuk yang highly polished. Bling bling deh. Cucok untuk kondangan karena "dresswatch" banget meski pada hakekatnya adalah jam diver.

Yaah saat ini jujur saja berapa banyak sih yang bener2 nyemplung ke laut untuk diving dengan jam diver. Palingan tenggelam di berkas di meja pas "desk diving" hehehe...

Movement:

Automatic. Caliber  6R15.

Ukuran:

Sekitar 44 mm.

Warna:

Case: Silver.

Dial: Hitam. Tanggal dengan warna huruf hitam dengan dasar warga putih.

Hands: silver dengan lume pada hands jam dan menit. Lume juga terdapat pada ujung jarum detik. Saya cuma kadang2 kalo lagi kumat risi melihat marker jam 12 yang sekilas mirip vagina.

Strap: Silver.

Water Resistance:

200m.

Fitur:

Date.

Kesimpulan:

Jam diver yang cantik dan classic. Legible dan nyaman dikenakan. Saat ini populasinya sih masih agak banyak karena masih diproduksi. Tapi siapa tau mau nyetok untuk dijual 5-10 tahun mendatang ketika barangnya dah langka kayak Seiko Spork atau Samurai yang menjadi buruan kolektor.

Masuk koleksi:

2012.

Tahun keluar koleksi:

2012.

Status dalam Koleksi:

Terjual.

Harga:

N/A.









No comments:

Post a Comment