Monday, December 31, 2012

Steinhart Ocean 1 Green

Steinhart Ocean Green



Prakata:

Nah ini nih, arloji ini tidak bisa dipungkiri adalah hommage dari Rolex Submariner 16610 LV (Kermit).

Steinhart adalah merk Jerman yang dibuat di Swiss dan line-up mereka umumnya adalah hommage dari merk-merk yang sudah established antara lain seperti Rolex, IWC dan Omega.

Built quality cukup baik untuk homage. Built quality kalau dibandingin sama submariner aslinya sy yakin ya jauh beda. Sy blm pernah handle Submariner green langsung, tapi kalau pakai rolex 16713 sebagai benchmark, rolex punya level of detail dan "crispness" yang jauh beda. Untuk range harga USD400-600 IMHO overall built quality dia ada di atas Seiko samurai tapi di bawah Seiko spork/tux. Lume lebih bagus Seiko spork (lume Steinhart agak buram). End-link masih hollow bukan solid end. Movement ETA, cukup akurat. Crown handling experience so-so lah. Packaging bagus rapih.

Intinya sib, untuk jam hommage menurut gw overall jam bagus, tidak exceptional tapi masih acceptable. Mungkin yang sudah punya submariner bisa beli untuk serep kalau pergi ke tempat yang rawan atau untuk daily beater. Tapi sy kurang merekomendasikan untuk dikoleksi karena identitas dan built qualitynya. Sy akan lebih pilih Seiko diver.

Kesan untuk penjualnya (Gnomonwatches, satu-satunya agen terdekat dengan Jakarta, Indonesia).

Pengalaman sy pribadi nih ya, sy nggak bilang anda mungkin akan mengalami hal yang sama, mudah2n tidak.

Buat saya mereka kasih service yang buruk. Agak arogan dan tidak service oriented. Intinya mentalnya pembeli yang butuh mereka bukan sebaliknya.

Saya order untuk beli di tokonya langsung waktu stok lagi kosong pas (kebetulan lagi dinas ke sana). Tgl 21 Juni 2012. Bayar deposit SGD50.00. Janjinya datang awal Juli.

Nggak ada kabar.

Tanggal 12 Juli 2012 kirim e-mail nanyain kabar. Dibilang barang masih belum datang expect 2 minggu lagi (tapi dia nggak ngirim kabar kalau ada delay ini, kita yang harus nanya).

Nggak ada kabar.

Tanggal 31 Juli 2012 kirim e-mail nanyain kabar.

Nggak dibales.

Tanggal 7 Aug. 2012 kirim e-mail reminder tentang e-mail tanggal 31. Dibales dengan bilang kalau mereka expect shipment Agustus (lagi2 mereka nggak kasih kabar meski kita yang nanya).

Tanggal 5 Nov. 2012 kirim e-mail nanya kapan datang barengnya atau sy mau ambil deposit gw kebetulan mau ke Sing.

(pada saat ini sy udah lost interest dengan arloji yang saya pesan. Barang hobby kelamaan nggak kesampaian ya hilang excitementnya).

Tanggal 5 Nov. 2012 dibales kalau barangnya udah dateng dan minggu kemarin mereka ngaku sudah kirim e-mail ngabarin. (Sy cek di spam mail dan inbox tidak pernah ada e-mail semacam itu).

Tanggal 8 Nov. 2012 gw collect ke Sing. Mepet banget waktunya toko mereka dah mau tutup dan mereka nggak mau extend operating hours untuk nunggu sy meskipun sy blg sy collect dari Jkt).

Karena kalau beli barang langsung di tokonya harganya ditambahin GST jadi lebih mahal tapi GST itu bisa diklaim di Bandara. Di toko sy expressly bilang tolong disediain semua keperluan untuk klaim back GST (semacam PPN di sini).

Udah tuh, ketemu orang bentar di seberang toko Gnomon. toko Gnomon nggak lama tutup, dan kira2 1/2 jam kemudian sy ke airport.

Ternyata o ternyata di airport dokumen yang dikasih gnomon kurang. Sy nggak bisa ngeklaim GST.

Gila, udah buang2 ongkos, waktu, untuk jam yang udah nggak tertarik lagi, ternyata masih harus nanggung sial GST nggak bisa di-refund???

Tanggal 8 kirim e-mail complaint. Cuma dibilang sorry ada miskomunikasi. Dengan entengnya kasih saran, "elu dateng aja ke toko gw dalam 2 bulan dari sekarang, nanti gw siapin dokumennya biar elu bisa klaim refund GST-nya."

Buset, sy mesti bayar ongkos pesawat dan tetek bengek cuma untuk refund GST?

Terus setelah sy perhatiin lagi, waktu sy collect ternyata sy terpaksa harus ambil barangnya di SGD dan SGD rate yang dipake itu SGD rate yang lebih mahal dari kurs tengah di Sing. Jadi sy ibaratnya udah kena sial berapa kali tuh, tau gitu dari dulu ikhlasin aja tuh SGD50.00 yang pernah sy bayar. Toh kalau barang saya nggak collect dia bisa jual ke orang lain.

Movement:

Automatic. ETA2824-2.

Ukuran:

Sekitar 42 mm.

Berat:

Sekitar 120 gram.

Warna:

Case: Silver.

Dial: Hijau. Tanggal dengan warna huruf hitam dengan dasar warna putih.

Hands: silver dengan lume pada hands jam, menit dan ujung hand detik..

Strap: Silver.

Water Resistance:

200m.

Fitur:

Date.

Kesimpulan:

Jam yang lumayan penjualnya yang bikin najong tralalala.

Masuk koleksi:

2012.

Tahun keluar koleksi:

2012.

Status dalam Koleksi:

Terjual.

Harga:

N/A.





No comments:

Post a Comment