Wednesday, November 28, 2012

Omega 2535.80.00 (Omega Seamaster 300M GMT)

Omega Seamaster 300M GMT

Prakata:

My next expensive watch. Setelah kejeblos sekali biasanya manusia makin senang kejeblos berkali-kali. Ah kenapa Tuhan membuat khilaf itu menjadi sesuatu yang adiktif...hehehe.

Saat saya mengakusisi jam ini saya tertarik memiliki jam dengan fitur GMT (Greanwich Mean Time). Simpelnya sih jam yang bisa menunjukkan waktu kedua di tempat yang berbeda. Niatnya sih mulia banget biar saya biar mudah tau waktu di tempat klien utama kantor yang ada di Eropa padahal sih kemudian saya baru mudeng kalo GMT dengan marking zona waktu kedua yang bersifat fix (seperti jam ini di dial) kurang berguna dibanding dengan arloji GMT dengan marking zona waktu kedua yang bisa dirubah (seperti Rolex GMT Master II). Alasan lainnya adalah saya mau mempunyai Omega Seamaster yang kondisinya full set lengkap dengan outer dan inner box, sertifikat dan buku manual.

Apa lacur ternyata saya lebih menyukai Omega Seamaster 300m Chrono Diver saya. Seamaster GMT ini lebih kecil dan lebih ringan. Wrist presence nggak se-"nampol" si chrono. Berhubung agak2 was was juga megang dua Omega pada saat yang bersamaan saya kemudian memutuskan untuk menukar guling arloji ini dengan yang lebih rendah harganya.

Jam ini mengandung movement coaxial dari Omega. Movementnya bisa diintip dari bokong jam ini karena menggunakan saphire case back.

Saya kurang mengerti keunggulan teknis dari movement ini. Yang saya liat sih di movement ini hand detik pergerakannya menjadi agak terpatah-patah (kurang smooth) dibanding jam automatic saya lainnya saat itu. Cuma dilihat dari sudut pandang itu saja, bagi saya pribadi "coaxial movement" tidak begitu mengesankan dibanding dengan "spring drive movement" dari Seiko yang membuat jarum detik bergerak meng-"gliding" secara mulus. Ini cuma cuap2 orang awam biasa saja lho :-) orang2 pinter sih menyatakan bahwa coaxial movement Omga ini adalah salah satu kemajuan penting di dunia horology dan menambah akurasi serta periode service dari jam tersebut.

Movement:

Automatic. Omega Caliber 2628 Coaxial Movement (modified ETA 2893-2).

Ukuran:

Sekitar 41 mm.

Warna:

Case: Silver.

Dial: White dengan waffle pattern. Tanggal dengan warna huruf hitam dengan dasar warga putih.

Hands: silver dengan lume pada ujung skeleton hands jam dan menit. Lume juga terdapat pada ujung jarum detik dan ujung jarum merah GMT.

Strap: Silver.

Water Resistance:

300m/1000feet.

Fitur:

GMT. Date.

Kesimpulan:

Jam yang sangat cantik dan sering menjadi daily beater istri saya. Bila bosan dengan bracelet SSnya yang membuat tampilan keseluruhannya menjadi agak kaku, bracelet bisa diganti dengan strap kulit 22mm yang akan membuatnya lebih sporty dan non-formil.

Masuk koleksi:

2012.

Tahun keluar koleksi:

2012.

Status dalam Koleksi:

Ditukarguling.

Harga:

N/A.

Omega Seamaster 300m GMT





Omega Seamaster 300m GMT

No comments:

Post a Comment